Selasa, 26 Februari 2008

Milad yang Meriah


Ketua MPR: HMI Harus Memberi Solusi pada Bangsa.
Oleh :HARIAN REPUBLIKA


JAKARTA-- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), menurut Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Dr Hidayat Nur Wahid, harus ikut memberi solusi di tengah majemuknya persoalan yang dihadapi bangsa. ''HMI harus hadir memberi kontribusi positif sebagai organisasi mahasiswa Islam terbesar di Indonesia,'' katanya dalam peringatan Milad HMI ke-61 di Jakarta Media Centre (JMC), Sabtu (23/2).


Hidayat mengatakan, sebagai bagian dari umat Islam dan bangsa, HMI harus benar-benar mengabdikan dirinya untuk ikut melakukan perubahan di Indonesia. ''Sepuluh tahun reformasi, negeri ini masih dipenuhi permasalahan di berbagai bidang. Baik politik, ekonomi, sosial, termasuk kedaulatan bangsa. Komitmen HMI harus benar-benar hadir untuk mengusung munculnya perubahan,'' ujarnya.


Ia menyatakan, HMI tidak boleh lagi hanya mengandalkan keunggulan sejarahnya, tapi juga harus selalu sadar dengan tanggung jawab sejarah yang mesti selalu diaktualisasikan. ''Masalah di Indonesia ini sudah sedemikian akut. Tanggung jawab sejarah HMI adalah menegakkan cita-cita organisasi yang harus sejalan dengan cita-cita bangsa,'' tandasnya.


Ia juga mengingatkan, perjuangan untuk melakukan perubahan, apalagi dalam mengusung identitas Islam tidaklah mudah. Termasuk ketika menghadapi kenyataan kompleksnya persoalan di Indonesia. ''Anak-anak muda kadang terlalu memikirkan perubahan itu harus revolusioner. Padahal realitas tidak seperti yang diharapkan. Saya pesan pada kader-kader HMI jangan terjebak apatisme kalau kenyataan tidak sesuai dengan yang diperjuangkan,'' tandas dia.


Hidayat mengingatkan, HMI harus tulus dalam menjalani perjuangan dan jangan sampai justru merugikan umat Islam. ''Jangan sampai karena terbentur realitas, HMI justru menjual umat untuk mendapat keuntungan pragmatis kader-kadernya,'' tandasnya lagi.


Dalam acara Milad HMI ke-61 ini, Hidayat Nur Wahid yang juga alumni HMI mendapat penghargaan HMI Award untuk kategori 'Tokoh Politik Bangsa'. Hidayat dinilai HMI sebagai tokoh politik yang memiliki track record bersih sebagai politisi, secara pribadi memiliki integritas tinggi, dan telah mengeluarkan kebijakan yang prorakyat dalam kiprahnya pada dunia politik Indonesia. Ketua PB HMI, Syahrul E Dasopang, secara langsung menyerahkan penghargaan HMI Award ini kepada Ketua MPR Hidayat Nur Wahid selesai memberikan sambutan.


Ada empat kategori HMI Award lainnya, yakni Intelektual Muda yang dimenangkan oleh Dr Anies Baswedan; Tokoh Pendidikan dimenangkan oleh Dr Mansour Faqih (alm), Tokoh Berkontribusi Besar Bagi HMI yang dimenangkan oleh Awalil Rizky, dan kategori Politisi Islam Masa Depan dimenangkan oleh Tamsil Linrung. Masing-masing penerima HMI Award berhasil mengalahkan empat nominator lain di setiap kategori, melalui satu mekanisme poling yang melibatkan cabang-cabang HMI di seluruh Indonesia yang berjumlah 60 cabang.


Berita ini dimuat berdasarkan release yang disampaikan Tim HMINEWS.COM kepada Harian Republika, Sabtu (23/2), malam.

1 komentar:

Free Downloads mengatakan...

Hidup Tazropii.. hidup HMI.. hidup..!!

Taz ini http://first-insurance.blogspot.com blog-ku.. tp cm bwt bisnis aja.. cari uang maksudnya..

Sukses selalu, aamiinn..!!